Sekolah dengan Moderasi Beragama nya

 Sekolah Menjadi Loncatan Pertama dalam Menyebarkan Moderasi Beragama

Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan perilaku beragama yang selalu mengambil posisi di tengah-tengah.

Moderasi beragama harus diajarkan semulai dari usia produktif atau anak-anak beranjak remaja. Dan sekolah merupakan tempat terbaik dalam mengamalkan moderasi agama dengan arahan dari para guru-guru. Anak-anak harus diberitahu bahwa negara Indonesia memiliki ragam budaya dan agama. 

Sekolah diharapkan untuk menjadi bantu loncatan pertama anak-anak untuk mengetahui serta menerapkan moderasi beragama. Hal-hal yang merusak nama baik maisng- masing agama agar dapat dikontrol jangan sampai terjadi. Karena walaupun berbeda agama dan pandangan namun kita tetap satu pijakan yaitu Indonesia maka perlu menerapkan kedamaian, keadilan, dan saling menghargai. 

Moderasi beragama dapat dibangun atas dasar hubungan sosial kemanusiaan, maka dari itu sekolah menjadi titik awal dalam menyebarkan moderasi beragama ditengah pelajar yang memiliki ragam perbedaan. Guru-guru dapat memberikan   pemahaman dan membuka ruang dialog yang menyatakan bahwa agama tidak membawa kebencian namun membawa cinta dan kasih sayang. Oleh sebab itu, moderasi beragama merupakan wujud nyata dalam implementasi Hak Asasi Manusia.

Perlu diketahui bahwa agama hanya selalu membawa kebaikan bagi orang-orang yang sadar akan hal itu dan selalu bersyukur. Dan tidak ada satupun agama yang membawa kebencian, orang yang menganggap hal uang demikian adalah orang yang buta agama. 

Poin penting, moderasi tidak akan terwujud selama masih ada salah satu pihak yang tidak ingin mencari titik temu. Karena moderasi beragama sejatinya adanya sikap dan tindakan yang berimbang dan adil.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer