Sabun Vs Handsanitizier

 Basmi Virus Corona dengan Sabun atau Handsanitizier 
Lebih Baik Mana?


        Rajin mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular, termasuk Covid-19. Pasalnya, bakteri dan virus penyebab penyakit menular sangat mudah menular lewat tangan. Itulah sebabnya, kita disarankan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Menurut para ahli, mencuci tangan minimal 20 detik adalah cara paling tepat untuk menghilangkan bakteri dan virus dan mencuci tangan secara terburu-buru masih dapat menyebabkan kontaminasi silang dan meningkatkan risiko penularan. Mengetahui cara dan kapan saatnya kita mencuci tangan tentu akan menjaga kita dan orang-orang disekitar dari penularan penyakit.

        Oleh karena itu kita harus paham bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar dan melakukannya dengan rutin. Nah begini caranya teman-teman. 


        Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan kuman berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

        Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan CTPS. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup.

     Kemudian, selain mencuci tangan hal yang dapat kita lakukan untuk membersihkan tangan adalah dengan menggunakan handsanitizier yang berbahann dasar alkohol yang dapat membunuh kuman. Penggunaan handsanitizier dianggal lebih mudah dan praktis, dengan kemasan yang minimalis dan dapat dibawa kemana saja. Handsanitizier merupakan pembersihan tangan dengan anti ribet.

        Namun tahukah Anda produk terbaik untuk membersihkan tangan diantara 2 produk tersebut. Kita bahwa mencuci tangan dengan air saja tidak cukup oleh karena itu kita butuh keduanya. Nah tahukah Anda diantara keduanya yang lebih efektif membunuh kuman? Kuncinya mencuci tangan dengan air mengalir adalah cara terbaik yang artinya sabun disebut lebih efektif untuk digukaan daripada cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, karena dapat menghilangkan bakteri dan virus yang ada di permukaan kulit. ketika sabun bekerja menghapus kotoran dari kulit. Sabun tidak hanya melepaskan virus yang melekat dengan kulit, namun juga memisahkan ketiga komponen pembentuk virus, yakni protein,RNA, dan lemak yang menyatu. Sementara jika menggunakan disinfektan atau hand sanitizer cairan pembersih itu tidak bisa dengan mudah menjangkau seluruh sela-sela bagian kulit, meskipun sudah digosok-gosok sekalipun. Jadi, bagaimana pun mencuci tangan atau kulit dengan sabun dan air mengalir jauh lebih baik untuk menghilangkan virus di permukaan kulit.

        Kemudian, setelah kita ketahui penggunaan sabun lebih efektif lalu antara sabun batang dengan sabun cair manakah yang lebih efektif dalam membersihkan tangan dan mengangkat kuman? Kandungan di dalam keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda. Karena, fungsi keduanya yang sama-sama membersihkan. Nah kendati sifatnya  membersihkan maka penggunaan sabun cair lebih disarankan karena tangan tidak bersentuh tangan dengan sabun (ada packaging) dibandingankan dengan sabun batang yang memungkinkan kuman atau bakteri menempel di sabun dari tangan kita berpindah ke tangan orang lain. Namun jika tidak terbiasa menggunakan sabun cair kita tetap bisa menggunakan sabun batang dengan cara menyiramnya setelah selesai menggunakannya (menyirim buih-buih pada sabun) agar bakteri tidak menempel. So jangan lupa guys untuk tetap rajin dan rutin cuci tangan dengan cara yang benar.


 

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer