Kebersihan

"Kebersihan Sebagian dari Iman yang Dapat Mencegah Penularan Covid19"


Di era masa kini, umat muslim perlu memperluas keimanan tidak hanya menjaga hubungan dengan Allah SWT, serta sesama manusia. Tetapi perlu ditingkatkan menjadi sesama makhluk ciptaan Allah, seperti hewan dan tumbuhan. Menjaga hubungan dengan lingkungan dan sesama makhluk Allah cukuplah penting. Dalil-dalil Al-quran dan hadits secara mutlak menunjukan besarnya perhatian Islam pada kebersihan, kesehatan lingkungan dan menghinadari hal-hal yang dapat menyakiti manusia, hewan, dan menghindari hal-hal yang dapat menyakiti mereka. 

Kebersihan sebagian dari iman. Kalimat itu seringkali kita temukan di berbagai kesempatan. Entah dalam kajian, buku, maupun pengumuman yang tertempel di dinding. Makna yang disampaikan dari kalimat itu seringkali berhubungan dengan menjaga kebersihan atau imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam syariat Islam selain menjaga kesucian diri, juga mengajarkan manusia untuk menjaga kebersihan fisik atau lingkungan. Secara umum membuang sampah dapat menyebabkan hilangnya keindahan hingga bencana banjir. Tentunya, dengan perilaku membuang sampah sembarangan atau tidak menjaga kebersihan juga akan merugikan orang lain. Sehingga perbuatan itu dapat mengarah pada perbuatan merusak muka bumi. 

Dalam ilmu pencegahan penyakit (preventif disease) dan ilmu pengetahuan alam diketahui bahwa membiarkan lingkungan kotor dan tidak membersihkannya dari najis, kotoran, atau semua perantara penyebaran wabah, tentu akan memberi dampak buruk yang sangat besar terhadap manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, tempat publik juga harus kita jaga seperti sekolah, kantor, mesjid dan lain sebagainya. Salah satunya mesjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim yang kunjungannya tidak pernah sedikit, maka kita harus memperhatikan kebersihan mesjid. Apalagi di tengah pandemi Covid 19 ini mesjid bisa saja jadi tempat penularan virus corona, nah untuk itu kita wajib untuk menerapkan kebersihan di mesjid. Kita bisa melakukan menyemprotkan cairan disinfektan yang menjadi kegiatan yang penting karena efektif dapat membunuh virus termasuk virus corona.


Pada saat pandemi sekarang ini, kebersihan menjadi salah satu faktor utama  untuk memutuskan rantai penularan covid19. Dan untuk orang-orang yang menjalankan isolasi dirumah atau yang merupakan zona merah harus tetap memperhatikan kebersihan sekalipun dirumah saja. Jangan lupa, kebersihan itu pangakal dari sehat. Dengan tetap melakukan kegiatan kebersihan diri ataupun lingkungan sedikit besarnya akan dapat mengurangi penyebaran virus Corona saat ini. 

Yuk rutin menerapkan kebersihan















Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer